"TEKNOLOGI ADALAH KARYA TERBESAR YANG KITA HADIAHKAN BAGI GENERASI MENDATANG"

Rabu, 23 Februari 2011

PELATIHAN IT SATUAN LUAR MAKODAM YANG ADA DI BALI (BAG.III)



Infolahtadam IX/ Udayana melaksanakan pelatihan IT lanjutan (bag.III), untuk satuan luar Makodam yang ada di Bali di ruang Wartawan Pendam IX/ udayana (kamis, 10/6). Bertindak sebagai pelatih :Kapten Chb Hermawan, S. Kom, Serma Made Mulyawan, dan Pns. Made Krisna.

Dalam pelatihan lanjutan ini meliputi : Penggunaan google doc, penggunaan spread sheet, dan penggunaan slide. Langkah- langkahnya adalah :Pertama kita masuk ke browser, klik icon selengkapnya akan muncul icon documen kita pilih langsung akses. Berikutnya kita masuk ke google doc.menggunakan akun google yang kita miliki, lebih tepatnya ukun google yang kita gunakan untuk membuat blogspot, pada kotak dialog inbox kita dapat memulai suatu pekerjaan dengan memilih creat new dari sini akan muncul spreadsheet, ini artinya kita akan memnggunakan pekerjaan dengan menggunakan office exel, disini kita dapat membuat file yang berbasis exel sesuai plihan kita. Setelah membuat file dihalaman blog kita dapat mempublikasikannya, langkahnya klik icon share kemudian pilih publish as web page, muncul tampilan, pilih all sheet, kemudian tandai automatically republish when changes are made, kemudian pada dialog get a link to the published data dipilih atau klik html to embed in a page, klik sheet 1, lalu all call pada lampira screet dibawahya kita blok screet dan klik kanan pilih salin lalu close.
Langkah selanjutnya masuk ke blog, kita klik entri baru, isi terlebih dahulu entri baru, ini dilakukan karena file yang akan kita tampilkan adalah html bukan tulisan biasa, dan selanjutnya html tadi kita salin tampilkan di dialog box, caranya klik kanan pada dialog box, lalu klik paste maka htmlnya akan tampil klik simpan dan posting. Sekarang kita dapat melihat entri jadi pada halaman blog kita tetapi tidak berbentuk html lagi (sudah sesuai dengan keinginan kita).
Sekarang kita mencoba lagi menampilkan file di blog berbentuk power point. Langkah pertama klik create new akan muncul presentation, dan muncul tampilan, kita dapat melakukan beberapa opsi kita dapat membuat pile tersendiri langsung atau mengimport dari harddrive , caranya yaitu pada menu presentasi klik insert dan dlayar akan muncul beberapa pitur, klik telusuri(1), klik lokasi pile slide dan klik pile tersebut lalu open (2), tandai slide yang ditampilkan dan klik import, dilayar googledoc akan tampil slide yang kita import tadi, dan untuk menampilkan/ presentasi slide dihalaman blog kita , pilih share kemudia pilih publish/ embed, dan pada kolom pemberitahuan ini kita hanya mengklik publish document.
Selanjutnya pada menu pilihan ini kita dapat mengatur penampilan slide dihalaman blogspot. Kita dapat menentukan player size, durasi slide, mulai penampilan slide saat loading blogspot dan penampilan slide yang berulang. kemudian slide html dari slide ini kita blok dan klik kanan pilih salin dan masuk ke blogspot.
Untuk penampilan slide tadi, di blogspot kita harus memposting, entri baru, tulis judul slide pilh edit html, klik kanan pada kotak dialog lalu paste, simpan sekarang lalu terbitka entri. Akhirnya lihat blog, berhasil atau tidak tersebut diterbitkan.
Akhirnya latihan dapat berjalan cukup lancar, peserta latihan dapat menyerap materi latihan kira- kira 70 persen, ini disebabkan karena materi ini sangat rumit, sehingga peserta latihan diharapkan membaca dan mempelajari secara berulang- ulang materi dalam bentuk tutor blog yang sudah dibagikan. Pukul 11.00 wita
latihan selesai, dan akan dilanjutkan pada tahap berikutnya. (iwp/ks.duklahta/1006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar