"TEKNOLOGI ADALAH KARYA TERBESAR YANG KITA HADIAHKAN BAGI GENERASI MENDATANG"

Rabu, 09 September 2015




 
MEMBUAT BANGUNAN DENGAN “ SKETCHUP”


..

Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Semakin maju teknologi semakin mudah hidup manusia. Dengan perkembangan teknologi informasi yamg berkembang saat ini,maka semakin mudah pula pekerjaan manusia.

Dahulu pembuatan rancangan hanya menggunakan sketsa tangan dan model tiga dimensi juga dikerjakan secara manual. Kini dengan adanya teknologi yang beraneka macam bantuan prangkat lunak komputer, pembuatan rancangan tersebut dapat dilakukan lebih cepat.
Salah satu hasil teknologi yang menarik adalah ditemukannya perangkat lunak komputer ‘SketchUp’. Perangkat lunak ini adalah program untuk menghasilkan model tiga dimensi. Penggunaan ‘SketchUp’ dapat menghemat waktu karena pengoprasian yang lebih sederhana dibanding dengan perangkat lunak lainnya.
SketchUp (Trimble SketchUp) adalah pemodelan 3D Program untuk berbagai aplikasi seperti arsitektursipil, mekanikal, film serta video game desain. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth. Aplikasi ini dirancang untuk lebih mudah digunakan dibanding dengan software yang lainnya. Berikut akan dijelaskan cara penginstalasian Sketchup sampai dengan pengoperasiannya.

                          A.   CARA MENGINSTAL GOOGLE SKETCHUP

                Awal nya buka dahulu Mozilla lalu tulis link http://www.media fire.com/?x5j29c9me98gnil 
 


 setelah selesai mendownload, lalu klik double pada tulisan google sketchup selanjutnya mulailah untuk menginstal dan sampai akhirnya nanti finish.
 
  1. CARA MEMBUAT RUMAH SEDERHANA MENGGUNAKAN
GOOGLE SKETCHUP
­
1.      Tahap Pertama Membuat Desain Dasar.
 


 Buat desain dasar sesuai selera Anda. Saya akan membuat desain rumah persegi panjang (memanjang dari depan ke belakang. Maka, saya membuat empat persegi panjang menggunakan Rectangle. Caranya mudah, clik Rectangle (disamping gambar pensil).
Klik di pertemuan sudut didepan gambar wanita yang sedang berdiri, tarik ke belakang dan kesamping, nanti di bagian Measurements akan beruban menjadi Dimension (sebelah kanan bawah) akan ada ukuran sekian meter x sekian meter. Jika ukuran yang diinginkan sudah pas, silahkan berhenti dan klik. Anda akan mendapat satu bentuk persegi panjang berwarna abu-abu.
Untuk mendapat bentuk bundar, silahkan gunakan Circle (gambar lingkaran). Untuk segi tiga dan sembarang, silahkan gunakan Line (gambar pensil).

2.      Tahap Kedua Membuat Bentuk 3D.



Untuk membuat bentuk 3D, silahkan klik icon Push/Pull (gambar kubus dengan panah merah keatas).  klik dan tahan (drag and drop) kemudian tarik keatas. Pada kolom Measurements akan berubah menjadi Distance, silahkan berhenti pada ketinggian yang Anda inginkan. Saya berhenti pada tinggi 3.5 M, sesuai untuk tinggi rumah di pedesaan.
Sampai disini, Anda sudah berhasil membuat satu bentuk gambar tiga dimensi (3D). Sangat mudah, bukan?! Hanya menarik satu kali saja.


            Untuk membuktikan gambar 3D, silahkan klik icon Orbit (mirip logo telkomsel, disamping gambar tangan). silahkan klik area mana saja, tahan dan putar ke kiri, kanan, atas atau bawah. Anda bisa melihat semua sisi gambar 3D yang telah Anda buat
.

3.      Tahap Membuat Atap



Untuk membuat atap, klik Line (gambar pensil), arahkan pada bagian tengah di garis depan (akan muncul titik biru dengan tulisan Midpoint). Klik dan arahkan ke garis belakang, klik dibagian midpoint seperti pada garis depan. Anda akan memiliki satu garis tepat ditengah-tengah seperti gambar disamping. Klik icon Move (gambar anak panah bersilang berwarna merah, arahkan saja mouse Anda ke icon-icon nanti akan muncul namanya), tahan dan tarik keatas. Measurement akan berubah menjadi Length, silahkan berhenti pada ketinggian atap yang Anda inginkan.

Ini hasilnya. Yang harus Anda perhatikan adalah, saat menarik atap keatas usahakan agar tetap lurus simetris dan tidak miring. Tidak usah khawatir, Anda geser saja ke kiri ke kanan dan ketengah, saat muncul tulisan On Blue Axis, berarti atap anda tidak miring.

Atap biasanya menjorok keluar. Silahkan tambahkan garis menggunakan Line. Saya buat garis horizontal (lurus kesamping) untuk atap dan garis vertikal (lurus keatas) untuk mendorong dinding agar agak ke belakang sebelah. Untuk membuat atap menjorok, klik dinding sebelah kiri, gunakan icon Push/Pull untuk mendorong di dinding tersebut. Lakukan hal yang sama untuk membuat atap sebelah kanan (lihat gambar diatas!). Sekarang, dorong dinding (kiri) sebelah depan biar agak menjorok kebelakang sekitar dua meter.


 Dorong dinding (kanan) sebelah depan biar agak menjorok kebelakang sekitar satu meter.  Apa gunanya? untuk membuat atap depan yang menjorok  keluar.Buat garis bantu agar posisi atap yang akan menjorok memiliki ukuran simetris. Hapus garis bantu yang tidak digunakan dengan Eraser (icon dengan gambar penghapus) 

 
Dorong atap sebelah bawah menggunakan Push/Pull. Agar rata dengan dinding depan, saat mendorong arahkan kursor mouse ke dinding bawah, nanti akan ada garis berwarna biru, silahkan lepaskan. Inilah hasilnya. Anda bisa menggunakan teknik berbeda. Ini hanya teori dasar saja.


4.    Tahap Membuat Jendela Dan Pintu        


                                                                                    
Untuk membuat jendela dan pintu, silahkan buat pola garis sesuai keinginan Anda. gunakan Line atau Rectangle. atur ukurannya dengan melihat kolom Measurement.­­

 
Untuk membuat efek, Anda bisa menggunakan icon Offset disamping icon Orbit. Klik icon offset kemudian klik pada bagian yang ingin ditambahi efek, disini saya klik salah satu jendela. tahan dan tarik keluar atau kedalam. Akan muncul bentuk serupa didalam bentuk aslinya, silahkan geser-geser sampai pas lalu lepaskan. Lihat gambar diatas! Apa gunanya? 1. Anda biasa menarik bingkai keluar seperti kayu jendela/pintu yang menonjol. 2. Atau mendorong kaca jendela ke dalam. 3. Memberi warna atau material yang berbeda antara kusen kayu dengan kaca jendela, antara kusen pintu dengan daun pintu, antara kusen ventilasi dengan lubang ventilasi, dll.



  
 Kusen jendela ditarik sedikit keluar. Kaca jendela didorong sedikit kedalam. Pintu diberi bentuk-bentuk seperti persegi dan lingkaran, setelah itu sebagian ditarik dan sebagian didorong. Hasilnya cukup mirip dengan kusen asli.


5.      Tahap Memberi Warna.


 Untuk memberi warna atau material, cari di Menu Bar: klik Windows-Material. Akan tampil jendela diatas. Anda bisa memilih warna atau material. silahkan klik segitiga kecil berwarna hitam disamping tulisan Wood, akan muncul pilihan material. Wood; untuk kayu, Roof: untuk atap/genteng, Stoone: untuk lantai atau dinding batu, dst.



 Untuk memberi warna atau material, silahkan klik warna atau material yang diinginkan, kemudian klik bagian yang ingin diberi warna. seperti gambar diatas.



 Kaca jendela bisa diberi efek kaca transfaran. cari material Translucent, pilih salah satunya. Lihat! gambar kaca diatas sudah transfaran, sudut ruangan bagian dalam bisa terlihat dari luar.

 
Silahkan warnai bagian lainya. Seperti gambar diatas. Atau yang sederhana tapi elegan seperti gambar di atas juga. Untuk bagian samping dan belakang, jika ingin ditambahi jendela dan pintu, silahkan lakukan seperti cara tadi. Ini bukan cara satu-satunya, hanya cara dasar, Anda bisa menggunakan kreatifitas Anda sebebas mungkin.

6.      Tahap Penambahan Pohon Dan Mobil

  
Untuk mempercantik tampilan bisa di tambahkan pohon dengan cara mendownload di link ini: http://www.cscdesain. com/2013/10/ download – model – pohon -3d-sketchup.html Untuk menambah mobil download dulu di link ini https://3dwarehouse.sketchup. com/search.html?q=car&rsi=sbis&backendclass=entity setelah selesai mendownload di link tersebut dan sudah tersimpan di komputer. Selanjutnya di google sketchup, klik file lalu klik import, pilih tempat penyimpanan hasil download tadi selanjutnya klik open. Munculah separti gambar d atas. Catatan Untuk memindah components gunakan main tool move atau pilih tools>move Untuk mengubah arah components gunakan main tool rotate atau pilih tools>rotateUntuk memperbesar kecilkan components, pilih tools > scale.

7.      Tahap Penyimpanan

 
 Jika sudah selesai, bisa Anda simpan berupa file .JPG. Caranya: Klik File-Export-2D graphic. Beri nama dan tentukan tempat untuk menyimpannya.

Demikian tulisan ini dibuat semoga bermanfaat.

SELAMAT MENCOBA !!!!!

-- Serda Gede Putra Astrawan --


1 komentar: