"TEKNOLOGI ADALAH KARYA TERBESAR YANG KITA HADIAHKAN BAGI GENERASI MENDATANG"

Rabu, 08 Juli 2015


Tips Agar Android Tidak Terasa Berat Atau Lambat
Ponsel Android sekarang ini sudah menjadi populer di Inodnesia. Selain dengan harganya yang relatif murah, Android juga menawarkan beragam aplikasi yang bagus dan mudah di download. Namun terkadang saking banyaknya orang tergoda menggunakan banyak aplikasi, malah membuat Gadget mereka terasa berat atau lambat karena banyak aplikasi yang berjalan.




Ilustrasi : Mempercepat Android
Kebanyakan ponsel android mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu,namun ini berdampak bagi kelancaran penggunaanya. Gadget anda akan terasa lambat atau berat, dan terkadang malah Android anda me-restart sendiri. Penyebabnya adalah RAM Android anda yang sudah sedikit atau malah habis karena digunakan oleh aplikasi yang berjalan.
Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari ponsel android lemot :
1.       Gunakan Task Kill Manager untuk Menutup Aplikasi.
Task Kill Manager di Android mempunyai fungsi yang sama dengan Task Manager di Komputer Windows anda. Terkadang di Android yang lambat atau bahkan ‘Hang’, memaksa kita untuk mematikan atau men-close aplikasi yang berjalan di background secara paksa. Banyak aplikasi Task Kill yang terdapat di Play Store. Gunakan aplikasi yang mempunyai rating bagus dan review yang bagus pula,karena biasanya itu adalah aplikasi yang aman.
2.         Tutup/Kurangi Aplikasi yang Menurut Anda Tidak Berguna.
Terkadang banyak aplikasi yang berjalan,namun anda hanya menekan home,dan sebenarnya aplikasi tersebut tidak tertutup atau ter-close. Ini akan membuat Android anda lama-kelamaan melambat jika semakin banyak aplikasi yang berjalan dan tidak tertutup,padahal aplikasi tersebut tidak terlalu berguna bagi anda.
3.         Cek Aplikasi yang Running atau Berjalan di Background.
Cek aplikasi yang berjalan dapat melalui Setting->Apps->Running atau melalui aplikasi Task Kill. Jika dirasa ada aplikasi yang sebelumnya tidak ada atau tidak berguna bagi anda, lebih baik di close atau di tutup saja. Jangan sampai salah Close, ada beberapa aplikasi yang memang runninga default atau darisana berjalan karena memang itu Proccess atau aplikasi dari system Android anda.
4.         Menghapus Cache.
Apabila anda sering browsing, atau bahkan chatting, itu sebenanya menimbulkan cache yang akan bertambah dah tersimpan di memory internal anda. Semakin banyak cache yang tersimpan terkadang membuat Android anda lambat. Solusinya adalah menghapus cache menggunakan aplikasi yang bisa menghapus cache-cache seperti Advanced Mobile Care,atau Clean Master.
5.         Memory Internal Penuh.
Memory Internal yang penuh dapat membuat Android anda melambat juga, karena android memerlukan sisa space di memory internal untuk procces aplikasi yang berjalan. Maka ada baiknya anda menginstall aplikasi yang membutuhkan space banyak atau yang besar ukurannya untuk diinstall di Memory External saja.
6.         Janggan Gunakan Launcher dan Widget yang Berat.
Penggunaan Launcher yang memiliki design bagus cenderung memberatkan HP anda. Dibalik cantiknya tampilan yang disajikan, pasti ada widget yang berguna mempercanti desktop Android anda juga. Namun hal itu malah membuat android anda terasa berat. Ada baiknya anda hanya menggunakan Launcher asli dari HP anda, karena tidak memberatkan. Dan jangan terlalu banyak memasang widget,karena juga dapat membuat Android anda lambat.
Demikian tips-tips agar android anda tidak lambat atau terasa berat yang kami berikan. Semoga berguna, sayangi ponsel anda, rawatlah ponsel anda. Terimakasih.  ( Serka I Gst Agung Putra Artamana/Baur Mindok Si Binsisfokuat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar