"TEKNOLOGI ADALAH KARYA TERBESAR YANG KITA HADIAHKAN BAGI GENERASI MENDATANG"

Senin, 09 Februari 2015

MENGENAL CYBER DEFENCE



 Apa Itu Cyber-Defence

Cyber defence adalah suatu sistem pertahanan dalam dunia maya untuk menanggulangi tindak kejahatan yang memanfaatkan teknologi komputer yang berbasis pada kecanggihan teknologi internet dan dilakukan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama yang dilakukan di dunia maya atau internet, dimana tindakan tersebut dapat merugikan orang lain atau suatu instansi atas keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari pihak lain.
Bentuk-bentuk pertahanan dunia maya atau cyber defence dapat dimanfaatkan dalam perang psikologi guna membangun citra atau image positip suatu bangsa dan negara. Tetapi sebaliknya perang semacam ini juga dapat dimanfaatkan pihak lain untuk merusak citra positif bangsa kita dengan cara menyebar informasi negatip atau bahkan dijadikan media provokatif dalam berbagai bentuk dan variasinya guna merusak kemajuan dan atau memicu terjadinya kerusakan yang dapat mengganggu kestabilan, keamanan, ketertiban berbangsa dan bernegara.

Langkah-langkah Pencegahan Cyber Kodam IX/Udayana

Langkah pencegahan yang harus dialkukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat menggunakan Log Archiving. Dimana Log Archiving Website akses log menyimpan rekaman mendetil tentang siapa yang melakukan koneksi ke situs kita, baik melalui HTTP (pengunjung normal) maupun melalui FTP (transfer file).
Jika halaman situs terinfeksi virus yang memiliki kemungkinan virus tersebut bisa menyerang pengunjung situs, maka segera lindungi situs. Yaitu dengan membuat website berstatus offline. Bisa dengan menambahkan beberapa baris kode pata .htaccess, maupun mengupload tampilan halaman under construction. Jika melakukannya dengan segera, memiliki kemungkinan untuk menghindarkan situs mendapat predikat "This site may harm your computer" dari Google.
Selain itu, penyerang biasanya telah menginstall backdoor script pada halaman index yang memungkinkan mereka untuk kembali ke server. Menetapkan status offline pada situs sementara waktu. Memiliki kemungkinan untuk mengunci dan membuat penyerang tidak bisa masuk melalui backdoor yang telah diinstall. Langkah selanjutnya, ganti semua password. Setelah PC administrator bebas dari virus dan spyware, gantilah semua password yang berhubungan dengan situs. Panel kontrol, FTP, koneksi database, email akun, dan halaman administrator. Pergunakan kombinasi password yang kuat yaitu password yang tidak mudah ditembus karena mengandung kombinasi kata, angka, dan karakter yang rumit.
            Langkah terakhir yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh serangan cracker yang sudah dapat mengakses website dengan melakukan Uji Forensik. Untuk melakukan aktivitas forensik dilakukan oleh praktisi atau tenaga ahli di bidang Informasi Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar